Breaking

Kamis, 17 Agustus 2017

Mengenal Sejarah Awal Mula Bisnis Internet Affiliate Marketing

Mengenal  sejarah  Awal mula  bisnis affiliate marketing

sebelum mencari tau dan menmpelajari lebih dalam di dunia bisnis internet salah satu pilihan bisnis online yang saat ini masih diminati para pebisnis internet menjadi seorang affiliate marketing

Bisnis affiliate marketing ini Dunia sudah tidak aneh lagi dan bahkan tidak hanya diluar negri saja orang yang sukses dari bisnis internet dengan menjadi seoorang affiliate marketing dan orang indonesia pun juga banyak yang sukses bisa mendapatkan puluhan juta perbulan dari bisnis menjadi seorng affiliate marketing

pada tulisan kali ini saya akan memberikan informasi mengenal  sejarah  dimulainya  bisnis affiliate marketing

sejarah perjalanan yang cukup panjang. Sistem affiliate marketing mulai digunakan pada tahun 1994 ketika CDNow merilis BuyWeb. Saat itu, CDNow mengajak website-website lain untuk bergabung dengan program mereka. Website-website tersebut hanya perlu mencantumkan link BuyWeb pada platform mereka dan nantinya akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian produk BuyWeb yang dilakukan melalui website mereka.
Lalu, bagaimana affiliate marketing bisa berkembang pesat hingga sekarang?

1996 – Amazon Rilis Program Associate

Banyak pelaku bisnis affiliate marketing yang berkata bahwa program dari Amazon ini mengubah segalanya. Tanpa dukungan dan program yang diluncurkan Amazon, affiliate marketing tidak akan menjadi industri yan besar seperti sekarang. Ketika Amazon pertama kali meluncurkan program associate (yang pada dasarnya sama dengan affiliate), mereka hanya menjual produk buku, film, dan musik. Komisi yang diberikan pada website-website afiliasi berkisar pada angka 5%-15%.

Berkat Amazon, satu per satu website mulai menyadari bahwa link dari Amazon yang mereka pasang dapat menghasilkan uang. Amazon pun secara cepat menjadi pemimpin dalam industri toko online dan terus menambah produk baru pada toko mereka. Pada waktu yang sama, sebuah jarian affiliate bernama LinkShare diluncurkan, yang semakin mengesahkan adanya konsep affiliate marketing.

1998 – Commission Junction



Pada tahun ini, Commission Junction diluncurkan, yang hingga kini disebut sebagai salah satu jaringan afiliasi paling sukses sepanjang masa. Bahkan ketika diakusisi oleh ValueClick senilai US$58 juta, Commission Junction masih berhasil menjadi salah satu jaringan afiliasi paling besar dan sukses di dunia hingga sekarang. Masih pada tahun 1998, sebuah jaringan afiliasi baru bernama ClickBank juga diluncurkan. Mereka bahkan mengelaurkan dana hingga lebih dari US$2 miliar untuk para affiliate mereka.

2000 – Mulai Muncul Regulasi

Pada tahun inilah Federal Trade Commission (FTC) mulai menyadari potensi affiliate marketing sebagai industri bisnis. FTC berusaha membuat regulasi untuk internet dengan laporan penyingkapan (disclosure statement) sederhana.

2003 – Affiliate Summit




Menyadari mulai banyaknya pelaku bisnis affiliate marketing yang ada, konferensi untuk mempertemukan para affiliate marketer pun diadakan. Salah satu summit yang pertama kali diadakan adalah Affiliate Force. Menariknya, acara satu ini jauh dari kesan formal karena didakan di atas kapal pesiar yang berlayar sepanjang Miami, Florida. Affiliate Force diadakan oleh Herby Olschewski. Selama beberapa tahun, Affiliate Force selalu rutin diadakan, namun terpaksa berhenti karena tidak adanya penanganan manajemen yang baik.

Pada tahun yang sama, akhirnya diselenggarakan Affiliate Summit yang konsepnya kurang lebih sama seperti Affiliate Force, hanya saja kali ini diadakan di New York City. Affiliate Summit pertama hanya dihadiri oleh 200 orang, dengan sedikit tur dari New York City menuju Nova Scotia, Kanada, menggunakan kapal pesiar. Kini, Affiliate Summit rutin diadakan dua kali dalam setahun di New York City dan Las Vegas, dengan peserta mencapai 5.000 orang.

2005 – Rakuten Akuisisi LinkShare




Akuisisi LinkShare yang dilakukan oleh Rakuten menjadi akusisi affiliate terbesar hingga kini, yakni senilai US$425 juta. Dengan adanya akuisisi ini, affiliate marketing yang dilakukan oleh LinkShare dan Rakuten menjadi lebih fokus dari sebelumnya.

2009 – Regulasi Tambahan dari FTC

Berkembangnya industri affiliate marketing sepertinya semakin menarik perhatian FTC. Pada tahun ini, mereka merumuskan regulasi baru yang mengharuskan bloggers, selebriti, dan affiliate marketer untuk menyertakan disclosure statement ketika menggunakan testimoni. Regulasi tersebut juga berlaku untuk setiap perjanjian kompensasi yang mereka dapatkan dari topik, layanan, atau brand yang mereka referensikan. Itulah mengapa kini hampir seluruh website memiliki disclosure statement, kebijakan, dan ketentuan tersendiri untuk menjalankan affiliate marketing.

2013 – Evolusi Affiliate Marketing

Pada tahun ini, Amerika Serikat mengenalkan Marketplace Fairness Act, sebuah regulasi yang mengharuskan vendor online untuk mengumpulkan pajak penjualan. Selama beberapa tahun ke depan, pemerintah dan FTC pun bekerja sama menemukan cara-cara baru dan sederhana untuk menerapkan pajak pada bisnis online, seiring dengan kontrol yang mereka miliki terhadap affiliate marketing.

Itulah sejarah singkat dari affiliate marketing hingga bisa menjadi industri besar seperti sekarang ini. Dengan terjun dalam bisnis online satu ini, Anda bisa menjadi bagian dari sejarah affiliate marketing untuk menentukan nasibnya pada masa depan.


Source:
zacjohnson.com

Mau Dapat Ebook Rahasia Bisnis Gratis

*Download Disini


Posting Komentar